Dalam bidang pendidikan, terdapat beberapa tantangan yang masih
dihadapi. Beberapa tantangan tersebut antara lain indikator Human
Capital Index (HCI) yang lebih rendah dibandingkan peers, tingkat
partisipasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Perguruan Tinggi (PT)
yang belum optimal, skor PISA (Programme for International Student
Assessment) yang belum meningkat signifikan, ketersediaan sarana dan
prasarana yang belum merata, kompetensi guru yang masih perlu
ditingkatkan, dan masih tingginya pengangguran lulusan vokasi. Namun
hingga kini pemerintah secara konsisten melakukan berbagai terobosan
kebijakan untuk meningkatkan efektivitas anggaran pendidikan dalam
meningkatkan mutu pendidikan nasional. Salah satu kebijakan yang
dilakukan adalah transformasi pendidikan nasional terutama dalam upaya
meningkatkan ketersediaan sarpras sekolah, penguatan PAUD, dan link
and match pendidikan vokasi, serta kompetensi guru.
Buku ini mengkaji hal-hal yang perlu menjadi perhatian pemerintah
khususnya mitra kerja komisi X dalam menjalankan programnya. Selain
itu, buku ini juga menyampaikan beberapa catatan atas akuntabilitas
kementerian/lembaga yang membidangi sektor kesejahteraan rakyat.
Harapannya, pemerintah dapat melakukan evaluasi kinerjanya dan
menjadikan hasil evaluasi tersebut sebagai dasar dalam pembahasan
alokasi dan program ke depan sebagai bentuk perbaikan kebijakan.